7 Tips Untuk Menjadi Penulis Handal

2

tips menjadi penulis handal

Siapapun orang nya dapat menjadi penulis yang baik dan handal, asalkan mau berusaha dengan sebaik mungkin untuk mencapai hasil yang maksimal. Pada tulisan ini saya akan membagikan 7 tips untuk menjadi penulis yang handal versi saya dan penting dipersiapkan ketikan anda hendak menulis. Berikut saya akan memaparkannya.

  1. Menyediakan alat tulis

Pada pembahasan yang pertama ini anda harus menyediakan alat tulis seperti pulpen, pensil, buku, dan lainnya, sebagai alat perang anda dalam menuangkan tulisan. Walaupun di zaman sekarang ini banyak perangkat teknologi yang sudah menyediakan alat tulis yang simple guna untuk meminimalisir kerusakan teknologi yang ada.

  1. Membuat target tulisan

Untuk menjadi penulis yang handal, alangkah baik nya anda memperbanyak latihan dalam menulis. Salah satu nya adalah membuat target tulisan dari yang sederhana hingga mencapai hasil yang maksimal. Misal di hari pertama anda hanya mampu membuat tulisan 300 kata, kemudian besok nya anda dapat menarget tulisan yang lebih lagi dari 300/ 400 kata. Sehingga kemampuan anda semakin terasah.

  1. Suasana yang nyaman ketika menulis

Ini juga merupakan hal yang sangat penting ketika anda hendak menuangkan tulisan yang ada di kepala anda ke dalam catatan ataupun blog anda. Suasana yang nyaman ketika menulis menjadikan anda lebih fokus dan tulisan yang menjadi baik serta berkualitas. Hingga anda puas dengan hasil tulisan kerja keras anda. Contoh nya ketika pagi hari atau suasana alam yang begitu indah dapat membuat anda fokus dalam menuangkan ide tulisan anda.

  1. Menulis blog pribadi

Menulis blog pribadi merupakan langkah awal yang bagus ketika anda hendak menuangkan ide tulisan anda. Dengan cara ini anda dapat membagikan tulisan anda ke banyak orang dan mempublikasikannya ke sosial media. Sehingga orang akan membaca hasil tulisan anda, apabila tulisan anda bagus dan berkualitas maka pengunjung blog anda akan terasa betah. Apabila tulisan anda kurang menarik, ini akan menjadi masukan untuk anda untuk tetap berlatih.

  1. Jangan copy paste tulisan orang lain

Hal ini sangat merugikan anda sebenarnya, ketika anda copy paste tulisan orang lain, anda akan dianggap tidak kreatif dan plagiat. Anda dapat mengambil referensi atau point-point penting dari tulisan orang lain yang dapat anda kembang lagi serta menyampaikannya dengan gaya bahasa anda sendiri agar terlihat lebih natural. Sehingga anda akan lebih dihargai orang lain dengan hasil karya anda sendiri.

  1. Membagikan pengalaman anda

Dengan membagikan pengalaman anda yang sangat berharga akan menjadi manfaat untuk orang lain. Tak hanya itu pengalaman yang berharga akan menjadi tulisan inspiratif buat pembaca tulisan anda nanti nya. Sehingga orang yang membaca tulisan anda dapat memetik nilai-nilai kehidupan dari pengalaman anda. Anda tak perlu malu untuk memerikan pengalaman hidup anda kepada orang lain.

  1. Perbanyak untuk membaca

Banyak membaca dapat menambah wawasan anda serta menambah banyak pengalaman yang akan anda dapatkan. Jangan malas untuk membaca, dengan membaca ilmu yang anda dapat kan akan begitu banyak mulai dari pengetahuan, tatanan bahasa, serta ilmu yang lainnya. Sehingga anda dapat mengambil point penting dari ilmu yang anda dapatkan kemudian anda tuangkan ke dalam tulisan dan mempublikasikannya ke banyak orang.

Demikian 7 tips untuk menjadi penulis handal yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Apabila anda suka dengan tulisan saya, anda boleh membagikannya ke banyak orang agar lebih bermanfaat lagi, terima kasih.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *