Tips Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak

0
tips-mengatur-penggunaan-gadget-pada-anak
Sumber gambar : Pixabay

Mengatur dan membatasi penggunaan gadget pada anak saat ini sangatlah sulit dilakukan, karena gadget ini sudah ada sejak mereka lahir di zaman teknologi yang serba canggih. Anda sebagai orang tua perlu melakukan siasat agar gadget yang anak gunakan memiliki dampak yang sangat positif sehingga anak juga bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Caranya bagaimana? Co-Founder Taman Bermaik Kepompong, Sri Murwati Habir menjelaskan dengan cara berdiskusi dan berkomunikasi  ketika bersama anak sangat perlu dilakukan saat mereka tengah bercengkrama dengan gadget.

“TV saat ini bukanlah media diskusi, melainkan gadget. Saat ini anak-anak sudah memiliki gadget sendiri dan saat itu kita harus banyak diskusi pada anak,” tutur seorang wanita yang sangat akrab disapa Wati ketika peluncuran PiBo di Jakarta, Rabu, 20 September 2017.

Diskusi dengan anak sangat penting, dimana beragam informasi yang mereka peroleh saat ini sangat mudah sehingga orang tua sangat berperan penting untuk membantu menyaring informasi yang baik untuk anak.

Tak hanya itu, gadget yang kita kenal saat ini dapat mengurangi jiwa sosialisai anak karena anak akan sibuk dengan dunia nya sendiri dan kerap sekali kehilangan peluang serta kesempatan untuk merasakan pengalaman dunia nyata.

Anda perlu melakukan siasat agar anak tidak menggunakan gadget seorang diri dan meluangkan waktu untuk mendampingi mereka. Sebagai orang tua Anda bisa menjadi teman saat anak bermain gadget atau bisa juga anak tetap bersosialisasi dengan orang lain yang dekat dengan anak Anda.

Kita hanya bisa berusaha meminimalisir faktor negatif yang terjadi pada anak semaksimal mungkin dikarenakan gadget, karena anak akan kehilangan kesempatan untuk bersosialisasi dengan lingkungan yang sebenarnya. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber : viva.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *