Cara Cek Bansos UMKM BRI yang Mudah

Cara Cek Bansos UMKM BRI yang Mudah

Cara cek Bansos UMKM BRI bisa dilakukan dengan mudah dengan hanya menggunakan browser yang ada pada ponsel. Dengan melakukan pengecekan tersebut maka bisa terlihat apakah Anda memang sudah menerima atau tidak sama sekali. Jadi bisa tahu kapan kira-kira harus mengambil dana.

Pengecekan ini bisa dilakukan secara berkala atau ketika ada pengumuman jika bantuan akan cair. Biasanya bantuan akan cair Setiap berapa bulan sekali sehingga bisa langsung dicairkan untuk membantu kebutuhan UMKM yang sedang dijalankan selama pandemi.

Mengenal Bansos UMKM

Bansos UMKM adalah ah salah satu bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada pelaku usaha kecil dan mikro dan terdampak oleh pandemi. Saat pandemi berjalan mereka akan mengalami kesulitan khususnya yang berhubungan dengan penjualan hingga operasional setiap harinya.

Itulah kenapa mereka diberikan sedikit bantuan untuk menghindari adanya penutupan usaha yang sudah dilakukan. Apalagi UMKM adalah salah satu jenis usaha yang bisa bertahan dan menyokong perekonomian Indonesia secara menyeluruh.

Pemerintah akhirnya mengeluarkan bantuan ini dengan melakukan penelitian secara ketat. Berbagai jenis usaha yang sesuai dengan kriteria akan mendapatkan bantuan. Sementara itu jika yang tidak sesuai dengan kriteria akan diminta untuk mengajukan bantuan jenis lainnya.

Intinya tidak ada masalah jika ingin mengajukan bantuan ini. Apabila beruntung maka bisa mendapatkan bantuan sebesar Rp1.200.000 untuk beberapa kali pencairan.

Cara Cek Bansos UMKM BRI

Untuk mengecek Bansos UMKM dari BRI maka bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

  • Pertama-tama harus mengakses situs yang sudah disediakan oleh BRI untuk para penerima UMKM. Situs itu adalah eform.bri.co.id/bpum.
  • Setelah membuka situs tersebut melalui komputer ataupun ponsel bisa langsung mengisikan data yang diperlukan seperti nomor KTP yang digunakan untuk pendaftaran.
  • Setelah itu lakukan verifikasi terlebih dahulu.
  • Selanjutnya wajib menekan Proses Inquiry.
  • Apabila anda merupakan penerima bantuan atau Bansos BPUM 2021. Akan muncul data di sana dan juga jadwal pencairan.

Seorang penerima Bansos ini tidak akan bisa menerima tanpa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Biasanya mereka akan melakukan pendaftaran dengan dibantu oleh pihak RT atau RW atau langsung dilakukan ke kelurahan.

Apabila sebelumnya Anda tidak pernah melakukan pendaftaran tidak disarankan untuk melakukan pengecekan. Sudah dipastikan tidak akan ada data yang muncul di sana karena belum ada data yang diverifikasi.

Cek Bansos UMKM BRI bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Cukup membuka situs sampai mati sediakan oleh BRI lalu mengisikan berbagai jenis data yang dibutuhkan. Apabila berhasil melakukan pengecekan kemungkinan besar data akan muncul dengan sendirinya.

Cek bansos PPKM untuk kategori bantuan UMKM bisa dilakukan sesuai dengan langkah yang sudah dibahas sebelumnya. Dengan menggunakan cara tersebut maka proses pencairan bisa berjalan dengan cepat dan anda tidak akan ketinggalan berita sehingga telat untuk melakukan pencairan dana sebesar 1,2 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *