Cara Mendaftar BLT UMKM yang Benar

Cara Mendaftar BLT UMKM yang Benar

Cara mendaftar BLT UMKM yang benar harus dilakukan agar proses dari sikap berjalan dengan baik. Apabila seseorang tidak bisa melakukan pendaftaran dengan benar, kecil kemungkinannya mereka akan disetujui dan akhirnya bisa mencairkan dana sesuai dengan ketentuan.

Apabila saat ini anda memiliki usaha dan memang terdampak oleh UMKM. Tidak ada salahnya untuk melakukan berbagai proses verifikasi. Prosesnya mungkin akan sedikit lebih panjang dan rumit tetapi akan cukup sangat membantu apabila dan hanya bisa dicairkan.

Cara Mendaftar BLT UMKM

Cara mendaftar PLT khususnya penerima UMKM bisa dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini. Seluruhnya secara lengkap agar proses verifikasi berjalan dengan baik.

  • Pendaftaran dilakukan dengan menyiapkan berbagai jenis persyaratan seperti surat keterangan domisili apabila usaha berbeda dengan alamat KTP, selain itu juga bisa disiapkan seperti KTP atau nikah yang berlaku dan nomor telepon.
  • Selanjutnya seseorang bisa langsung datang ke kantor kementerian koperasi atau bisa datang langsung ke kelurahan untuk meminta bantuan.
  • Seluruh data yang dimiliki biasanya akan membutuhkan proses verifikasi dalam waktu sekitar beberapa minggu.
  • Setelah proses verifikasi selesai dan memang dinyatakan menerima maka bisa langsung mendapatkan pencairan dana.
  • Biasanya akan dihubungi oleh pihak terkait apabila seseorang dinyatakan berhasil dalam verifikasi.

Perlu diingat jika seseorang ingin mengajukan ini mereka sebelumnya tidak pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah. Selain itu mereka juga bukan ASN atau anggota TNI/Polri.

Usaha yang sedang dijalankan juga tidak sedang menerima kredit dari pihak manapun termasuk kredit dari pemerintah dengan bunga yang ringan. Apabila menerima kredit kemungkinan besar tidak akan menerima bantuan karena usaha yang dijalankan sudah dianggap berjalan dengan.

Cara Cek Penerima BLT UMKM

Apabila sudah melakukan pendaftaran dan belum tahu apakah berhasil menerima atau tidak. Ada baiknya untuk melakukan pengecekan dengan cara di bawah ini.

  • Buka e-form BRI untuk melakukan pengecekan secara langsung. Anda bisa melakukannya dari browser yang ada di ponsel atau laptop. Gunakan tautan ini: eform.bri.co.id/bpum
  • Setelah itu masukkan data yang diminta seperti NIK. Jangan salah memasukkannya karena data bisa tidak muncul.
  • Lakukan pengecekan setelah memasukkan seluruh data. Apa ulangi lagi masukkan NIK apabila mengalami kesalahan.
  • Apabila terdaftar bisa segera melakukan pencairan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Cara mendaftar BLT UMKM ternyata bisa dilakukan oleh siapa saja. Meski demikian tidak semua orang memang terbukti memiliki usaha sehingga mereka akan sulit mendapatkan surat pengantar dari pihak RT atau RW tempat mereka hidup atau memiliki usaha.

Cek bansos PPKM di atas bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mengetahui apakah proses pendaftaran bisa berjalan dengan baik atau tidak. Apabila datanya sudah ada dan jadwal pencairan sudah muncul maka proses selanjutnya bisa dilakukan adalah segera mengajukan. Dengan begitu dana bisa dicairkan dalam waktu yang cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *