Cara Daftar BPUM UMKM 2021

Cara Daftar BPUM UMKM 2021

Cara daftar BPUM UMKM 2021 diketahui oleh semua orang khususnya mereka yang memiliki usaha kecil dan terganggu oleh pandemi. Hal ini harus dilakukan karena mereka bisa mengajukan bantuan yang bisa bermanfaat untuk menunjang usaha yang sedang mereka jalankan.

Apabila tidak menerima bantuan kemungkinan besar operasional dari usaha akan mengalami masalah. Bahkan ada kemungkinan usaha yang sedang dijalankan jadi gulung tikar dan akhirnya pekerjaan yang dimiliki orang tersebut jadi hilang. Akhirnya perekonomian di Indonesia juga terganggu.

Sekilas Tentang BPUM UMKM

BPUM UMKM adalah salah satu bantuan yang dikeluarkan pemerintah untuk mengatasi masalah perekonomian selama pandemi. Bantuan ini diberikan kepada para pemilik usaha UMKM yang berdampak Pak dan tidak bisa menjalankan aktivitasnya.

Bantuan ini diharapkan akan membantu mereka menjalankan operasional dari perusahaan. Paling tidak bisa membantu untuk menjaga atau bertahan hingga akhirnya pandemi selesai dan kegiatan ekonomi kembali seperti semula.

Bantuan ini hampir mirip dengan bantuan tunai lain yang diterima oleh penduduk tidak mampu. Besarannya juga kurang lebih sama hanya dalam satu kali penerimaan akan mendapatkan sekitar Rp1.200.000. dana ini bisa langsung dicairkan ke rekening BRI atau bisa langsung datang ke bank.

Cara Daftar BPUM UMKM

Untuk melakukan pendaftaran ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Pendaftaran dilakukan dengan menyiapkan persyaratan yang terdiri dari surat keterangan domisili apabila alamat usaha berbeda dengan alamat KTP, selain itu juga bisa disiapkan seperti KTP atau NIK yang berlaku, dan nomor telepon.
  • Wajib datang ke kantor kementerian koperasi atau bisa datang langsung ke kelurahan untuk meminta bantuan. Biasanya ada pendataan langsung di sana.
  • Seluruh data yang disetor biasanya akan membutuhkan proses verifikasi.
  • Setelah proses verifikasi selesai dana bisa langsung dicairkan.
  • Biasanya akan dihubungi oleh pihak terkait apabila seseorang dinyatakan berhasil dalam verifikasi.

Alasan Tidak Menerima Bantuan

Meski sudah melakukan pendaftaran tidak semua orang bisa menerima bantuan dari UMKM. Hal ini bisa terjadi karena ada beberapa hal dibawah.

  • Seseorang pernah menerima bantuan lain dari kementerian atau dari pusat meski tidak terkait dengan UMKM.
  • Persyaratan yang diterima tidak sesuai sehingga saat proses verifikasi berjalan mereka akan melakukan penolakan.
  • Masih dalam tahap menerima bantuan dari pihak lain seperti kredit KUR atau lainnya.

Cara daftar BPUM UMKM sudah dijelaskan cukup lengkap di atas. Intinya jika ingin melakukan pendaftaran seseorang disarankan untuk langsung datang ke kementerian koperasi setempat yang ada di kabupaten kota. Selain itu bisa juga datang ke pihak kelurahan yang biasanya akan membantu melakukan penjaringan.

Setelah melakukan pendaftaran Tidak ada salahnya untuk cek bansos PPKM. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah anda sudah terdaftar atau tidak. Bila sudah terdaftar bisa segera mengajukan pencairan sehingga dana bisa langsung dimanfaatkan untuk menjalankan operasional dari UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *