Cara Cek Bansos PPKM Termudah

Cara Cek Bansos PPKM Termudah

Bantuan sosial yang diberikan saat PPKM sangat membantu sebagian besar masyarakat dalam kehidupannya. Apalagi dalam bantuan sosial tersebut akan ada pembagian uang ataupun uang seperti sembako. Untuk itu semua orang harus tahu cara cek bansos PPKM.

Dengan melakukan pengecekan ini, seseorang akan tahu apakah mereka mendapatkan bantuan atau tidak. Apabila mendapatkan bantuan tetapi tidak menerima undangan maka bisa langsung ditanyakan kepada pihak terkait seperti RT RW ataupun tidak kelurahan.

Cara Cek Bansos PPKM

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan bansos PPKM. Ikuti seluruh caranya dibawah ini.

  1. Pakai Situs Kemensos

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan adalah dengan memakai situs yang sudah disediakan oleh Kemensos. Dari situs tersebut maka bisa dilihat apakah seseorang mendapatkan bantuan ataupun tidak.

Situs yang bisa dicat adalah: https://cekbansos.kemensos.go.id/

Masukkan data-data seperti lokasi dan juga nama dari seseorang. Selanjutnya pengecekan bisa dilakukan apakah seseorang menerima bantuan atau tidak dari sana. Apabila tidak ada namanya kemungkinan tidak akan menerima bantuan.

  1. Cek ke RT/RW

Cara cek Bansos PPKM selanjutnya adalah dengan menghubungi pihak RT atau RW setempat. Biasanya dari pihak atas akan langsung menerjunkan surat undangan ke ke pihak RT atau RW.

Apabila Ada surat di RT atau RW kemungkinan akan menerima bantuan. Jika belum ada padahal kondisi sudah memenuhi syarat maka bisa mengajukan bantuan. Biasanya pihak RT atau RW akan ikut membantu.

  1. Cek ke Kelurahan

Apabila tidak ada kejelasan dari pihak RT atau RW bisa langsung melakukan pengecekan ke kelurahan. Pihak dari kelurahan akan ikut melakukan pengecekan terkait dengan ada atau tidaknya bantuan.

Mengapa Tidak Dapat Bansos PPKM?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang tidak mendapatkan Bansos padahal mereka sudah memenuhi persyaratan. Secara umum berikut adalah beberapa alasannya.

  • Merupakan penduduk pendatang sehingga belum terdaftar secara resmi di Kemensos lokal.
  • Pernah menerima salah satu bantuan yang diberikan pemerintah selama pandemi. Biasanya bantuan tersebut diberikan secara merata.
  • Adanya kesalahan data sehingga tidak bisa menerima bantuan.

Apabila belum pernah menerima bantuan sebelumnya dan hingga sekarang belum menerima bansos. Tidak ada salahnya untuk menghubungi RT atau RW setempat untuk melakukan pendaftaran. Jadi kemungkinan besar bantuan akan diterima meski sedikit terlambat.

Cara cek Bansos PPKM akan membantu seseorang untuk mendapatkan bantuan sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Jadi bantuan akan tepat sasaran kepada seluruh masyarakat. Apabila tidak mengetahui kemungkinan besar bisa kehilangan bantuan yang sudah diberikan.

Perlu diingat jika Bansos PPKM yang diberikan oleh pemerintah hanya sementara saja. Artinya tidak akan bisa diberikan secara terus-menerus. Apalagi kondisi pandemi di Indonesia sudah mulai membaik sedikit demi sedikit sehingga perekonomian bisa berjalan seperti biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *