Aplikasi Bansos untuk Pengecekan Penerima Bantuan

Aplikasi Bansos untuk Pengecekan Penerima Bantuan

Aplikasi bansos digunakan untuk melakukan pengecekan siapa saja orang yang menerima bantuan dari kementerian sosial atau dari pihak manapun. Dengan menggunakan aplikasi ini maka pengecekan bisa dilakukan dengan mudah dan kapanpun sesuai dengan keinginan.

Biasanya data yang didapatkan berasal dari database yang dimiliki oleh Kemensos. Jadi, siapapun bisa melakukan pengecekan dan mengetahui apakah mereka berhak mendapatkan bantuan atau tidak. Apabila berhak mendapatkan bantuan maka akan muncul namanya di sana.

Cara Download dan Instal Aplikasi

Apabila ingin menggunakan aplikasi ini maka bisa menggunakan cara download dan instali aplikasinya berikut ini.

  • Buka Play Store terlebih dahulu. Selanjutnya bisa langsung mengetik bansos atau cek bansos.
  • Setelah itu akan muncul beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Pilih salah satu yang memiliki rating paling tinggi dan jumlah penggunanya ada banyak.
  • Lakukan proses download dan pemasangan hingga selesai.
  • Setelah melakukannya, bisa langsung menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pengecekan.

Disarankan untuk menggunakan aplikasi resmi saja atau aplikasi yang tersedia pada Playstore. Apabila menggunakan aplikasi diluar itu atau yang menggunakan ekstensi APK maka bisa berbahaya untuk ponsel.

Salah satunya adalah bisa menyebarkan virus atau Malware yang berbahaya. Itulah kenapa sangat disarankan untuk selalu berhati-hati apalagi saat melakukan pengecekan akan memasukkan berbagai jenis data seperti alamat dan juga nama lengkap.

Cara Menggunakan Aplikasi Bansos

Apabila ingin menggunakan aplikasi untuk pengecekan Bansos bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Buka aplikasi terlebih dahulu dan pastikan menggunakan versi yang paling baru.
  • Setelah itu bisa langsung melakukan pengecekan dengan memasukkan berbagai jenis data yang dibutuhkan.
  • Masukkan data seperti alamat lengkap dan juga nama.
  • Setelah itu akan dimulai proses pengecekan.
  • Data akan muncul mulai dari nama lengkap hingga alamat.
  • Bagian samping juga muncul apakah mendapatkan bantuan atau tidak.

Akurasi Data

Akurasi data yang diberikan hampir sama dengan situs penyedia resmi. Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pengecekan sehingga tidak selalu membuka browser untuk membuka website dari Kemensos.

Beberapa orang mengatakan jika aplikasi ini cukup berbahaya apalagi jika harus memasukkan berbagai jenis data. Hindari melakukan itu apalagi harus memasukkan NIK yang merupakan hal terpenting dari data kependudukan.

Itulah kenapa lebih baik melakukan pengecekan dari situs resmi saja. Apa bisa langsung bertanya ke pihak dari RT atau RW setempat agar hasilnya lebih akurat.

Aplikasi Bansos hanya bisa digunakan untuk melakukan pengecekan secara berkala. Artinya tidak akan bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran Bansos karena harus melalui pihak RT RW ataupun Kelurahan. Itulah kenapa aplikasi ini jarang sekali digunakan oleh banyak orang.

Tetapi tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi Bansos PPKM untuk mengetahui apakah ah seseorang layak mendapatkan bantuan atau tidak. Apabila layak mendapatkan bantuan maka bisa langsung menghubungi pihak terkait sehingga dana yang diberikan bisa segera cair.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *